#210417.TM.PTL(1)
1. -------------------------------Soal nomor 1
a.
Hubungan Derievied Demand an Place utility mempunyai keterkaitan yang
artinya pergerakan barang dari origin dan ke destination(derievied demand)
dengan sendirinya menciptakan suatu kegunaan tempat barang tersebut di suatu daerah
(place utility), dimana barang itu sangat dibutuhkan di tempat tujuan,maka
dengan sendiri terjadi permintaan barang tersebut di karenakan daerah itu
defisit maka terjadilah proses derivied demand ini sendiri. Yang menggerakan
barang tersebut untuk dikirim ke tempat yang membutuhkan. Contoh Seperti
batubara yang ada di Kalimantan berlimpah sedangkan di PLTU Rembang Jawa Tengah
butuh pasokan batubara untuk menggerakan generator istriknya, dari situ
terbangunlah derivied demand, permintaan barang atas dasarnya permintaan barang
di suatu tempat dan terjadilah mobilisasi barang tersebut ke tujuan.
b. Ramalan
permintaan menentukan berapa banyak dari tiap barang yang diproduksi perusahaan
harus diangkut ke berbagai pasar. Manajemen logistik juga harus mengetahui
dimana asalnya permintaan, sehingga dapat menempatkan dan menyimpan produk
dengan jumlah yang tepat di setiap area pasar. Perkiraan akurat tentang
permintaan yang akan datang memungkinkan manajer logistik untuk menyediakan
sumber (anggaran belanja) pada aktivitas-aktivitas yang akan melayani
permintaan tersebut.
c. Keterkaitan
value of services dan time utility adalah ketepatan waktu barang yang
dikirimkan agar sesuai kebutuhan barang pada saat itu misalkan barang pakaian
musim dingin dari Indonesia terlambat samapi di amerika melewati musim dingin
maka barang tersebut jadi useless ,maka dari itu terdapat pertimbangan time
utility apakah memilih memesan barang dari tempat yang jauh dengan harga murah
tetapi dengan risiko ketepatan waktu atau dari tempat yang dekat dengan biaya
lebih.
d. Ini
merupakan sebuah rencana yang ada dalam kegiatan proses logistikdimana
merencakan adalah proses yang penting dalam pengkoordinassian system logistic
itu sendiri
2. -------------------------------soal nomor 2
a. Jadi yang dimaksud Paragraph-1 adalah
intermodality merupakan sistem
pengangkutan barang dalam satu unit kendaraan angkut,dengan antar jaringan
transportasi dengan beberapa moda transportasi yang berupa truk kontainer atau kargo, yang
menggunakan dua atau lebih moda transportasi secara kontinyu sebagai
satu kesatuan yang terhubung dan secara efisien pengkoordinasianya .
b. Hubungan
dengan paraghraph-1 dan Multi moda Transportation Convention 1980 adalha saling
sama-sama menjelaskan bahwa intermodal atau Multi moda adalah dimana dalam
penggakutan sebuah barang itu dilakuan secara lebih dari dua moda transportasi
yang saling terhubung dan ,MT convention menambahkan dimana terdapat perjanjian yang telah
disepakati antara beberapa pihak dalam menagani barang tersebut.
c. Dalam
Paragraph 2 ini menjelaskan kecendrungan dalam kegiatan intermodal logistic
yang terjadi dalam keselurhan global.
d. Paragraph-2
ini menjelaskan bahwa terdapat 4 pengaruh kecendrungan dalam kegiatan logistic
antar moda transportasi dimana yang pertama ekonomi global sangat berpengaruh
dalam daya beli masyrakat, lalu yang kedua kecepatan produk untuk sampai ke
pasar sangat menentukan ,lalu kegesitan manufaktur dalam memproduksi produknya
juga amenetukan dan yang ke-empat Terpadunya pengelolaan daur pasokan barang.
3. --------------------------------------soal nomor 3
a. Dalam suatu jaringan fasilitas, transportasi
merupakan mata rantai penghubung. Ada 3 aspek tranportasi yang harus
diperhatikan karena berhubungan dengan sistem logistik. Pertama adalah
kecepatan/waktu pelayanan yang yang dibutuhkan untuk memindahkan barang dari
tempat yang satu ke tempat yang lain. Hal ini penting mengingat jika
keterlambatan proses distribusi mengakibatkan tertundanya pekerjaan pada level
perusahaan. Aspek yang kedua adalah aspek biaya transportasi. Sistem logistik
hendaklah dirancang untuk meminimumkan biaya transportasi dalam hubungannya
dengan biaya sistem secara keseluruhan.Aspekketiga adalah konsistensi.
Konsistensi menunjukan prestasi waktu yang teratur dan tempat yang tetapdari
sejumlah pengangkutan barang/material. Konsistensi transport mempengaruhi
komitmen persediaan penjual dab pembeli maupun resiko yang ditanggung
b. Keunggulan tiga moda
transportasinya antara lain, udara barang cepat sampai, lalu dengan laut barang
dapat dibawa lebih banyak, jika lewat darat bisa langsung sampai tujuan tanpa
transit atau masuk kedaerah-daerah .Kekurangnya udara adalah biaya mahal dan
space sedikit, jika melalau laut barang cendrung memakan waktu yang leih lama,
dan jika melalui darat barang akan selalau terkena kemacetan.
c. produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan,artinya produk adalah barang yang jadi bisa dipakai lalau material
merupakan barang pembuat dari produk itu sendiri dimana material akan di proses
oleh pabrik agar jadi barang atau produk guna pakai.
d. Total cost dalam
integrated logistic merupakan suatu biaya total dalam keseluruhan terpadunya
system logistic diamana memimikirkan biaya semuanya dalam menjalankan
keterpaduan logistic.
4. --------------------------------soal nomor 4
a. Peran
seorang MTO dalam pengirim LCL dan FCL adalah beratangung jawab atas
dokumen-dokumen yang dibawa barang tersebut seperti perjanjian atau pun kontrak
yang di sepakati antar pemangku kepentingan pada proses shipment tersebut. dan juga seseorang MTO menerima kewajiban
sebagai pembawa atas kinerjanya.Petugas MTO juga berperan bertanggung jawab
terhadap dokumen-dokumen barang tersebut dan pada intinya MTO tersebut bukanlah
sebagai agen atau atas nama pengirim barang melainkan adalah sebagai principal.
b. Biaya miniland
ini bisa lebah besar Karena barang tersebut melalui darat dengan mitra perkereta
apian daerah setempat dimana si pengirim juga harus membayar ke perusahaan yang
di darat tersebut dan biaya tersebut dibayar keseluruhan oleh konsumen .
c.
Pada CY (Container Yard): Merupakan bagian tempat pelabuhan yang
menampung container-container ,dengan sistim door to door dengan contoh
:pelanggang bsia langsung mengambil di pelabuhan , lainhal dengan CFS
(Container Freight Station) ,Merupakan gudang dari Freight Forwarder, dimana
barang akan dikirm dari pabrik di simpan dulu di gudangnya freight forwarder
lalu dikirim jadi satu kesatuan ke destinasi.
d.
Terms of Services MTO ini menjelaskan bahwa pengiriman dari seller dan penerimaan barang
ke buyer dengan pengkonsolidasian antara transportasi darat, laut atau udara
yang dapat mencakup kegiatan penerimaan, penyimpanan, pengiriman ,dan
pengurusan penyelesaian dokumen. dan door to door
5.
-------------------------------soal nomor 5
a.
Jadi GHI itu merupakan, G adalah Operational Planing yang membawahi
proses planning pada NonManufacturing(H) dan Manufacturing(I)
b.
Yang menjadi pihak H atau non manufacturing adalah pihak penghasil
material yang akan memberikan pasokan material yang akan diproses di pihak I
atau manufacturing agar menjadi barang yang jadi.
c.
Peran A adalah sebagai consumer dan customer markets dimana dari A ini
permintaaan sebuah barang akan di proses oleh si Vendors & Supply markets.
d.
Keterkaitan A terhadap N pada B dan D adalah proses pengirimanya dimana
si B ini merupakan physical distribution management dan si D merupakan Material
Management ,dimana keterkaitanya si B dan D ini sebagai penghubung atau
jemabatan antara konsumen,pelanggan dan Vendor atau supplier.
Komentar
Posting Komentar