#210417.TM.PTL(1)


1.        -------------------------------Soal nomor 1
a.              Hubungan Derievied Demand an Place utility mempunyai keterkaitan yang artinya pergerakan barang dari origin dan ke destination(derievied demand) dengan sendirinya menciptakan suatu kegunaan tempat barang tersebut di suatu daerah (place utility), dimana barang itu sangat dibutuhkan di tempat tujuan,maka dengan sendiri terjadi permintaan barang tersebut di karenakan daerah itu defisit maka terjadilah proses derivied demand ini sendiri. Yang menggerakan barang tersebut untuk dikirim ke tempat yang membutuhkan. Contoh Seperti batubara yang ada di Kalimantan berlimpah sedangkan di PLTU Rembang Jawa Tengah butuh pasokan batubara untuk menggerakan generator istriknya, dari situ terbangunlah derivied demand, permintaan barang atas dasarnya permintaan barang di suatu tempat dan terjadilah mobilisasi barang tersebut ke tujuan.

b.            Ramalan permintaan menentukan berapa banyak dari tiap barang yang diproduksi perusahaan harus diangkut ke berbagai pasar. Manajemen logistik juga harus mengetahui dimana asalnya permintaan, sehingga dapat menempatkan dan menyimpan produk dengan jumlah yang tepat di setiap area pasar. Perkiraan akurat tentang permintaan yang akan datang memungkinkan manajer logistik untuk menyediakan sumber (anggaran belanja) pada aktivitas-aktivitas yang akan melayani permintaan tersebut.

c.       Keterkaitan value of services dan time utility adalah ketepatan waktu barang yang dikirimkan agar sesuai kebutuhan barang pada saat itu misalkan barang pakaian musim dingin dari Indonesia terlambat samapi di amerika melewati musim dingin maka barang tersebut jadi useless ,maka dari itu terdapat pertimbangan time utility apakah memilih memesan barang dari tempat yang jauh dengan harga murah tetapi dengan risiko ketepatan waktu atau dari tempat yang dekat dengan biaya lebih.

d.       Ini merupakan sebuah rencana yang ada dalam kegiatan proses logistikdimana merencakan adalah proses yang penting dalam pengkoordinassian system logistic itu sendiri

2.         -------------------------------soal nomor 2
a.       Jadi yang dimaksud Paragraph-1 adalah intermodality merupakan  sistem pengangkutan barang dalam satu unit kendaraan angkut,dengan antar jaringan transportasi dengan beberapa moda transportasi yang berupa truk kontainer atau kargo, yang menggunakan dua atau lebih moda transportasi secara kontinyu sebagai satu kesatuan yang terhubung dan secara efisien pengkoordinasianya .

b.       Hubungan dengan paraghraph-1 dan Multi moda Transportation Convention 1980 adalha saling sama-sama menjelaskan bahwa intermodal atau Multi moda adalah dimana dalam penggakutan sebuah barang itu dilakuan secara lebih dari dua moda transportasi yang saling terhubung dan ,MT convention menambahkan  dimana terdapat perjanjian yang telah disepakati antara beberapa pihak dalam menagani barang tersebut.


c.       Dalam Paragraph 2 ini menjelaskan kecendrungan dalam kegiatan intermodal logistic yang terjadi dalam keselurhan global.

d.       Paragraph-2 ini menjelaskan bahwa terdapat 4 pengaruh kecendrungan dalam kegiatan logistic antar moda transportasi dimana yang pertama ekonomi global sangat berpengaruh dalam daya beli masyrakat, lalu yang kedua kecepatan produk untuk sampai ke pasar sangat menentukan ,lalu kegesitan manufaktur dalam memproduksi produknya juga amenetukan dan yang ke-empat Terpadunya pengelolaan daur pasokan barang.

3.       --------------------------------------soal nomor 3
a.       Dalam suatu jaringan fasilitas, transportasi merupakan mata rantai penghubung. Ada 3 aspek tranportasi yang harus diperhatikan karena berhubungan dengan sistem logistik. Pertama adalah kecepatan/waktu pelayanan yang yang dibutuhkan untuk memindahkan barang dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Hal ini penting mengingat jika keterlambatan proses distribusi mengakibatkan tertundanya pekerjaan pada level perusahaan. Aspek yang kedua adalah aspek biaya transportasi. Sistem logistik hendaklah dirancang untuk meminimumkan biaya transportasi dalam hubungannya dengan biaya sistem secara keseluruhan.Aspekketiga adalah konsistensi. Konsistensi menunjukan prestasi waktu yang teratur dan tempat yang tetapdari sejumlah pengangkutan barang/material. Konsistensi transport mempengaruhi komitmen persediaan penjual dab pembeli maupun resiko yang ditanggung

b.       Keunggulan tiga moda transportasinya antara lain, udara barang cepat sampai, lalu dengan laut barang dapat dibawa lebih banyak, jika lewat darat bisa langsung sampai tujuan tanpa transit atau masuk kedaerah-daerah .Kekurangnya udara adalah biaya mahal dan space sedikit, jika melalau laut barang cendrung memakan waktu yang leih lama, dan jika melalui darat barang akan selalau terkena kemacetan.

c.       produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan,artinya produk adalah barang yang jadi bisa dipakai lalau material merupakan barang pembuat dari produk itu sendiri dimana material akan di proses oleh pabrik agar jadi barang atau produk guna pakai.

d.       Total cost dalam integrated logistic merupakan suatu biaya total dalam keseluruhan terpadunya system logistic diamana memimikirkan biaya semuanya dalam menjalankan keterpaduan logistic.
4.       --------------------------------soal nomor 4
a.       Peran seorang MTO dalam pengirim LCL dan FCL adalah beratangung jawab atas dokumen-dokumen yang dibawa barang tersebut seperti perjanjian atau pun kontrak yang di sepakati antar pemangku kepentingan pada proses shipment tersebut. dan juga seseorang MTO menerima kewajiban sebagai pembawa atas kinerjanya.Petugas MTO juga berperan bertanggung jawab terhadap dokumen-dokumen barang tersebut dan pada intinya MTO tersebut bukanlah sebagai agen atau atas nama pengirim barang melainkan adalah sebagai principal.

b.       Biaya miniland ini bisa lebah besar Karena barang tersebut melalui darat dengan mitra perkereta apian daerah setempat dimana si pengirim juga harus membayar ke perusahaan yang di darat tersebut dan biaya tersebut dibayar keseluruhan oleh konsumen .

c.       Pada CY (Container Yard): Merupakan bagian tempat pelabuhan yang menampung container-container ,dengan sistim door to door dengan contoh :pelanggang bsia langsung mengambil di pelabuhan , lainhal dengan CFS (Container Freight Station) ,Merupakan gudang dari Freight Forwarder, dimana barang akan dikirm dari pabrik di simpan dulu di gudangnya freight forwarder lalu dikirim jadi satu kesatuan ke destinasi.

d.       Terms of Services MTO ini menjelaskan bahwa  pengiriman dari seller dan penerimaan barang ke buyer dengan pengkonsolidasian antara transportasi darat, laut atau udara yang dapat mencakup kegiatan penerimaan, penyimpanan, pengiriman ,dan pengurusan penyelesaian dokumen. dan door to door

5.       -------------------------------soal nomor 5
a.       Jadi GHI itu merupakan, G adalah Operational Planing yang membawahi proses planning pada NonManufacturing(H) dan Manufacturing(I)
b.       Yang menjadi pihak H atau non manufacturing adalah pihak penghasil material yang akan memberikan pasokan material yang akan diproses di pihak I atau manufacturing agar menjadi barang yang jadi.
c.       Peran A adalah sebagai consumer dan customer markets dimana dari A ini permintaaan sebuah barang akan di proses oleh si Vendors & Supply markets.
d.       Keterkaitan A terhadap N pada B dan D adalah proses pengirimanya dimana si B ini merupakan physical distribution management dan si D merupakan Material Management ,dimana keterkaitanya si B dan D ini sebagai penghubung atau jemabatan antara konsumen,pelanggan dan Vendor atau supplier.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#TM3.100317.DERIVED DEMAND & VALUE OF SERVICE

#240317.TM5.INTEGRATED LOGISTIC & LOGISTIC SYSTEM COMPONENT

TM13.250517. Air Cargo Services